Tanpa disadari Ternyata 7 Kebiasaan yang Sering kita Lakukan ini Berakibat Buruk untuk Kesehatan loh!

Diposting pada

Kita semua pasti punya kebiasaan. Sadar atau tidak sadar, hal tersebut dilakukan berulang kali. Ternyata, tubuh bisa merespon kebiasaan yang sering kita lakukan itu lho. Diantaranya bisa membahayakan kesehatan. Ha? Kok bisa?

Coba deh cek apakah kamu sering melakukan kebiasaan ini atau tidak dan apa dampaknya.

1. Minum air terlalu banyak

Air bisa jadi pedang bermata dua. Minum terlalu banyak bisa membawa dampak buruk, apalagi minum terlalu sedikit. Lagi-lagi kamu harus memperhatikan jenis aktivitasmu dan kebutuhanmu akan air, Jika kamu sering berkeringat, minum sesuai batas minimal harian. Tapi jika punya masalah ginjal dan kardiovaskular, minum lebih sedikit. Cara mudah untuk menentukannya adalah minum hanya ketika haus.

 

2. Duduk menyilangkan kaki

Para wanita, ngaku deh pasti kalian sering melakukan ini. Sesekali tidak masalah, tapi jangan dilakukan terus menerus ya. Karena ini bisa menyebabkan hipertensi, varises, dan kerusakan syaraf.

3. Terapi botol dengan air hangat

Nah buat pejuang PMS atau yang sering bermasalah dengan bagian perut, pasti pernah menerapkan ini. Kompres dingin dan panas untuk menurunkan rasa sakit. Meskipun pada beberapa kasus hal ini terbukti meredakan, tapi di kasus lain ini bisa menyebabkan peradangan akut di perut (radang usus buntuk, kolestitis, dan pankreatitis). Hal ini juga buruk jika diterapkan pada pasien kanker.

4. Kacamata murah

Biasanya, untuk lebih berhemat, kita memutuskan membeli kacamata dengan kualitas biaya yang harganya terjangkau. Meskipun tetap terlihat fashionable, ini tidak baik untuk kesehatan mata lho. Beberapa produsen menggunakan plastik murah yang bahkan tidak melindungi mata dari sinar UV. Ini bisa membahayakan matamu, mulai dari katarak bahkan kanker.

5. Makan di Meja Kerja

Pernahkan kamu merasa bahwa kamu akan makan lebih banyak ketika menonton TV? Itu karena otak tidak terkonsentrasi pada apapun yang kita makan. Perut tidak bisa mencerna dengan baik karena otak tidak berkonsentrasi. Alasan lainnya adalah bakteri. Meja kerja adalah sumber bakteri, jadi kurangi makan di meja kerja ya.

6. Memakai alas kaki terbuka

Ini terutama jika sering berpergian ke luar negeri saat musim panas tiba. Kaki yang terbuka memungkinkan serangga atau semua jenis limbah mekanis menggigit kita. Hal yang paling buruk adalah kita bisa terinfeksi serangga berbahaya tersebut.

7. Tidur di Sisi atau Perut Kita

Tidur miring bisa mencegah diafragma bergerak bebas. Hal ini bisa menyebabkan masalah paru-paru. Tidur tengkurang juga bisa memberi tekanan tinggi pada organ tubuh yang bisa menyebabkan masalah jantung. Tidurlah dengan cara terlentang. Kecuali bagi ibu hamil, lebih direkomendasikan untuk tidur miring.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *