Inilah Resep Bakso Sehat Kenyal Dan Enak Ala Kang Iwed Yang Pernah Menjadi Viral di Banyak Sosial Media

Diposting pada

Yuk kita simak bersama tips trik membuat bakso yang enak ini bund, tentunya pasti sangat nikmat untuk dihidangkan bersama anggota keluarga kita.

Bakso ialah makanan yang paling merakyat disukai oleh anak-anak bahkan sampai orang tua. Dengan tersebarnya kabar bahwa ada bakso yang mengandung banyak bahan yang berbahaya seperti fromalim, borax, dan banyak zat additive yang lainnya, masyarakat jadi khawatir kalau anak-anak beli bakso di luaran sana.

Sebagai ibu-ibu, kita pasti selalu ingin memberi yang paling baik buat keluarga kita. oleh karenanya kita mencoba buat sendiri bakso dirumah yang sehat, enak, nikmat dan sangat aman untuk dikonsumsi keluarga kita. Setelah berulang kali mencoba membuat bakso,kita menemukan resep yang kita anggap sangat cocok untuk memenuhi selera keluarga kita.

Berikut ini ialah bahan-bahan dan caranya membuat bakso buatan Iwed

Bahan – Bahan yang perlu disiapkan
0,5 kg daging sapi, potong-potong sampai kecil-kecil, setelah itu haluskan menggunakan chopper.
0,5 kg daging dada ayam, potong-potong hingga kecil,  setelah itu haluskan menggunakan chopper.
1 biji putih telur ayam
1 sendok makan garam
1 sendok makan Merica halus
1 sendok makan Bawang putih yang dihaluskan (kisaran 6 siung bawang putih)
1/2 sendok makan Gula pasir
1/2 sendok makan soda kue (gunanya soda kue agar memperbaiki tekstur bakso)
1/2 bungkus bubuk agar-agar (supaya bakso berisi serat,dan menambah kekenyalan bakso)
Penyedap rasa seperlunya
100gram Sagu/tepung tapioka

langkah-langkahnya:

1. Rebus air di panci beberapa saat. Bila dirasa sudah mendidih lalu matikan apinya.

2. setelah itu Campur daging ayam dan daging sapi, letakan di baskom yang berukaran sesuai.

3. Lalu Setelah itu Masukkan bahan bahannya seperti : garam dan gula pasir dan putih telur dan bawang putih dan merica halus dan penyedap atau bubuk bawang goreng, soda kue, dan bubuk agar-agar yang tadi sudah disiapkan.

4. sebaiknya Gunakan sarung tangan plastik.

5. Uleni adonan hingga benar-benar merata.

6. setelah itu Masukkan sagu.

7. lalu Uleni lagi hingga kalis.

8. Bentuklah adonan bakso dengan cara diremas menggunakan jari, tekan kuat-kuat hingga adonan bakso keluar lewat sela-sela jari telunjuk kita hingga berbentuk bulat.

9. Setelah itu Basahi sendok, lalu ambil adonan menggunakan sendok, langsung masukkan ke dalam air panas di dalam panci.

10. Lakukan hingga seluruh adonan habis. Untuk kreasi bakso bisa di isi dengan telur ayam atau telur puyuh atau urat sapi atau keju atau cabe rawit dan lain sebagainya sesuai selera kita. Bentuk dengan cara “membungkus” isi dengan adonan bakso yang kita buat. Supaya tidak lengket, terlebih dahulu basahi sarung tangan plastik dengan air.

11. Setelah seluruh adonan selesai kita buat lalu dimasukkan ke dalam panci berisi air panas, lalu nyalakan apinya. setelah itu Rebus bakso sampai mengambang dan benar benar matang.

12. Sajikan bakso yang sudah di masak tadi dengan perlengkapnya seperti bihun atau mie kuning. diatasnya Taburi dengan bawang goreng, dan daun bawang. Bila suka bisa ditambahkan kecap dan saus tomat dan sambal agar makin menggugah selera makan.

Selamat mencoba dirumah ya bund, semoga tips ini bisa menghindarkan keluarga kita dari bahaya bakso bakso yang ada diluaran sana, jangan lupa bagikan agar semakin bermanfaat buat orang banyak, terimakasih sudah membaca artikel ini

[kopinikmat]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *