90% Orang “Melakukan 7 Hal Ini Setiap Hari”, Siapa Sangka Ternyata “Kebiasaan Itu Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan”!

Sejak kecil kita sudah dididik untuk berpegang pada prinsip-prinsip kesehatan. Tapi, siapa sangka, 7 kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang ini ternyata bertentangan dengan prinsip itu loh!

1. Menutup mulut dan hidung menggunakan tangan saat batuk atau bersin


Menggunakan tangan untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin, akan secara otomatis meninggalkan bakteri menempel di tangan kita. Jika setelah itu kita menggunakan tangan untuk menggosok mata, resiko blefaritis (peradangan pada tepi kelopak mata) akan menjadi sangat besar.

2. Menggunting kuku


Menggunting kuku terlalu sering dan dengan cara yang salah bisa menyebabkan kuku menjadi terkelupas, pecah, dan berubah strukturnya.

3. Menggunakan eyeliner


Eyeliner yang diaplikasikan di tepi kelopak mata serta bagian bawah mata ternyata bisa memicu infeksi mukosa mata jika ternyata eyeliner yang digunakan sudah terpapar bakteri.

4. Mengupil


Seringkali jari yang digunakan untuk mengupil tidak dalam keadaan yang bebas bakteri, sehingga resiko terserang sinusitis menjadi semakin besar.

5. Shower gel


Menggunakan shower gel setiap hari bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan bakteri menguntungkan di kulit, sehingga kita mudah terserang eksim dan penyakit kulit lainnya.

6. Menggunakan terlalu banyak pasta gigi


Menggunakan terlalu banyak pasta gigi akan mengurangi efisiensi saat menyikat gigi dan malah bisa menurunkan tingkat kebersihan gigi serta mulut.

7. Menggunakan terlalu banyak kondisioner

Menggunakan terlalu banyak kondisioner bisa menyebabkan pori-pori kepala menjadi tersumbat sehingga mempengaruhi pertumbuhan rambut dan produksi minyak alami rambut.

Sumber: Brightside/ Cerpen.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*