Jika Tangan Anak Tersiram Air Panas “Jangan Panik”! Segera Lakukan “2 Pertolongan Pertama Ini”, Dijamin 1 Menit Langsung Reda!

Terkadang kecelakaan-kecelakaan yang terjadi pada si kecil memang tidak bisa dihindari, seperti tersiram air panas contonya. Nah, apabila terjadi, orang tua harus tahu pertolongan pertama apa yang harus segera dilakukan! Saat anak tersiram air panas, waktu terbaik untuk menyembuhkan hanya 2 menit.

Jika salah penanganan, maka anak mungkin akan infeksi bahkan membahayakan nyawa. Tersiram air panas memang susah benar-benar sembuh, biasanya akan membekas. Maka dari itu, perhatikan gerak gerik anak dan ingat hal-hal yang bisa kamu lakukan apabila anak orang terkena air panas! Ayuk disimak!

Siram, lepas, rendam, tutup, kirim

1. Siram
Siram bagian yang terkena air panas dengan air dingin (bukan air es) yang mengalir 15 menit sampai 30 menit. Langkah ini akan menurunkan panas dan mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh air panas. Lakukan secepat mungkin yang kamu bisa. Jangan oleskan odol, kecap atau bahkan kompres dengan air dingin.

2. Lepas
Bila yang tersiram adalah bagian tubuh masih dilapisi pakaian, siram langsung bagian tersebut. Setelah itu, baru buka pakaian sehati-hati mungkin. Bila ini sulit dilakukan, gunting saja pakaian atau celana yang dipakainya, lalu siram lagi bagian yang terluka itu dengan air dingin (bukan air es). Jika bagian yang tersiram tertempel dengan baju, maka jangan lepas bagian itu.

3. Rendam
Jika areanya kecil, rendamlah dengan air dingin (bukan air es) selama 10-30 menit sampai panas terasa mereda. Jika area yang tersiram cukup besar, maka jangan direndam atau anak akan kehilangan suhu tubuh.

4. Tutup/balut
Tutup/balut bagian tubuh yang terluka dengan kain kassa steril (kalau tidak ada gunakan handuk bersih) untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi. Jangan balut luka terlalu kencang, dan balutan harus melebihi bagian yang luka. Ingat, jangan oleskan salep apapun ke luka bakar anak-anak yah!

5. Kirim
Setelah selesai melakukan langkah-langkah diatas, segera ke rumah sakit untuk ditangani pihak dokter. Jagalah kehangatan tubuh anak selama perjalanan ke rumah sakit.

Nah, jadi udah tau kan apa yang harus dilakukan bila terkena air panas? Jangan panik dan langsung tolong anakmu! Bila di rumah ada anak-anak harus lebih diperhatikan lagi yah! Semoga bermanfaat bagi sobat cerpen semua!

Sumber: Happy/ Cerpen.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*